- Menggambar komposisi garis-bidang pada kertas gambar A3.
- Mengisi area/bidang tersebut dengan relief candi di Jawa Timur.
- Menyelesaikan gambar komposisi dengan menggunakan media warna, antara lain; pensil warna, cat air, cat poster atau pensil kayu ukuran B.
1. Menggambar komposisi garis-bidang
- Membuat konsep/sketsa komposisi garis-bidang pada kertas buram (minimal 4-6 sketsa pada selembar kertas buram).
- Mempertimbangkan; kesatuan, keserasian/keselarasan, dan keseimbangan.
- Memvisualisasikan komposisi garis-bidang tersebut dengan sederhana (simple).
- Memilih garis/bidang atau perpaduan diantara keduanya, maksimal sebanyak 3 macam.
Contoh:
Garis gelombang + bidang persegi empat + lingkaran:
Contoh lainnya, coba lihat di posting berikutnya
Catatan:
- Bidang tidak boleh membentuk obyek alam, huruf, angka atau tanda/simbol tertentu.
- Menghindari visualisasi bidang berukuran kecil/sangat kecil.
- Mengurangi perulangan bidang yang berukuran sama (maksimal 2 kali perulangan).
- Visualisasi garis-bidang boleh berpotongan atau bertumpukan satu sama lain
(pengisian area/bidang akan lebih mudah apabila menggunakan visualisasi komposisi garis-bidang dengan model bertumpukan). - Setelah sketsa/konsep komposisi garis-bidang pada kertas buram telah di-ACC, maka sketsa tersebut bisa dipindahkan pada kertas gambar A3 dengan goresan tipis menggunakan pensil kayu B.
2. Mengisi area/bidang tersebut dengan relief candi di Jawa Timur.
Setelah tuntas memindahkan sketsa/konsep pada kertas gambar A3, langkah berikutnya yakni mengisi area/bidang-bidang tersebut dengan ornamen relief candi yang sudah dipilih sebelumnya. Gambarlah ornamen relief tersebut dengan goresan tipis menggunakan pensil kayu B.
Target: Waktu penyelesaian, minggu I September (1-6 September 2008).
3. Menyelesaikan gambar komposisi dengan menggunakan media warna,
antara lain; pensil warna, cat air, cat poster atau pensil kayu ukuran B.
Setelah tuntas mengisi ornamen relief candi, langkah berikutnya yakni menyelesaikan dengan menggunakan media warna sesuai dengan kemampuan/pilihan. Penggunaan alat warna ini, boleh lebih dari satu alat (perpaduan) contoh: pensil warna dan cat air, dsb.
Target: Waktu penyelesaian, minggu II September (8-13 September 2008).
1 komentar:
pyah!
nggak lengkap banget sih penjelaannya!!!
Posting Komentar